Handoko Kusalaviro

Thursday, October 21, 2010

leader, power, politic

" Leaders should reliaze that an organization cannot succeed through the effort of one person. They should try to boost their employee's self-confidence and give them a change to try and succeed. Once people succeed, they will gain confidence and come back for more" -- Jack Welch, CEO General Electric

menyingkapi perkataan dari maestro leadership dunia, Jack Welch di atas terbersit satu pandangan tentang kemampuan seorang leader untuk membawa anggota dalam organisasinya ke arah suatu kemajuan dan sebenarnya hal tersebut sedikit banyaknya dipengaruhi oleh kekuatan dan kemampuan leader tersebut.

power dan politik, memang merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain.
dengan adanya power maka kita dapat memiliki "kehebatan" dalam hal politik, baik itu politik yang sebenarnya namun politik dalam organisasi atau perusahaan.

menyingkapi hal ini, pada dasarnya kita haruslah benar-benar mengetahui makna dari power dan politik itu sendiri.
di wikipedia kita akan menemukan definisi politik sebagai berikut "Politik adalah proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan"

definisi masyarakat yang tercantum di pengertian tersebut tak lain dan tak bukan adalah masyarakat suatu negara atau warga negara namun dalam pembahasan di sini, masyarakat yang akan dibahas lebih lanjut adalah anggota masyarakat dalam suatu organisasi, mulai dari office boy hingga para petinggi organisasi.

sedangkan definisi power adalah suatu kemampuan yang dimiliki oleh seseorang atau satu pihak untuk mempengaruhi orang atau pihak lain.

kaitannya antara power dan politik dalam suatu organisasi adalah dikarenakan dalam organsasi yang terdiri dari beberapa kepentingan baik itu kepentingan pribadi masing-masing anggota organisasi maupun kepentingan keseluruhan organisasi tersebut.

di dalam organisasi ada beberapa jenis power yang dimaksud seperti
- Reward Power
- Coercive Power
- Legimate Power
- Referent Power
- Expert Power

Reward power adalah power atau kekuatan yang dimiliki oleh seorang pemimpin yang berasal dari semacam keuntungan kepada anggota (yang dipimpin).
Coercive power adalah power atau kekuatan yang dimiliki oleh seorang pemimpin yang berasal dari pemberian paksaan, hukuman, tekanan terhadap anggotanya
legitimate power adalah power atau kekuatan yang dimiliki oleh seorang pemimpin yang berasal dari jabatannya dalam struktur organisasi.
Referent power adalah suatu power atau kekuatan yang dimiliki oleh seorang pemimpin yang berasal dari kharisma yang terpancar dalam diri seorang leader
sementara expert power adalah power atau kekuatan yang dimiliki oleh seorang pemimpin yang berasal dari keahlian, pengetahuan seorang leader terhadap sesuatu hal.

berdasarkan jenis-jenis power tersebut tentunya masing-masing sumber kekuatan memiliki kelebihan dan kekurangan satu sama lainnya dan pada dasarnya sumber dari kekuatan tersebut berpengaruh dan dipengaruhi oleh jenis organisasi yang bersangkutan.


pada dasarnya seorang leader yang baik terlihat bukan dari berapa banyak dia mampu memimpin orang namun dari berapa banyak leader-leader baru yang berhasil dibentuk.

No comments:

Post a Comment